mouse

Membuat URL Shortener Sendiri


Tau URL Shortener? Gatau ya? NDESO!! URL Shortener adalah sebuah situs untuk mempersingkat URL/Link secara gratis. contohnya ada banyak. yang bisa digunakan secara umum adalah bit.ly, goo.gl, tinyurl.com, dll.

Zaman Dahulu Kala, URL Shotener biasanya digunakan untuk mempersingkat URL blog. Tapi Zaman Sekarang, URL Shortener bisa dibuat sendiri dengan domain sendiri. ada yang bayar, ada yang tidak. seperti kompas yang punya kom.ps, kaskus juga memilikikask.us, detik memiliki de.tk, dll Adjie Brotot Blog juga memiliki URL Shortener sendiri yaitu, Brotak atau brot.tk wkwk.

So, Gimana Cara buatnya? Ikuti Langkah-Langkahnya.
1. Buatlah sebuah akun di http://bitly.com

2. Miliki Sebuah domain. jika kamu kepengen domain gratis, bikin aja di dot.tk bikin yang sesingkat mungkin seperti brot.tk, dll.

3. Jika Sudah selesai membuat domain, tinggalkan sejenak. kembali ke bitly.com. lihat kebawah kolom shorten link, terdapat tulisan "Shorten With:" pilih "Set Up With Your Own Costum Domain"

4. Masukan Alamat domain .tk kamu tadi (misal: brot.tk) tanpa www, lalu klik add

5. Kembali ke akun .tk kamu. Klik "List of My Domain".

6. Klik Modify pada domain yang mau kamu jadikan URL Shortener

7. Pada Kolom IP Address isi dengan "69.58.188.49" pada keduanya. lalu klik next dan save.

8. Kembali ke bit.ly klik Verify tunggu 15 menitan jika belum juga, coba ulang sekali lagi.

9. Jika Sudah Berhasil, selamat! URL Shortener milik kamu sendiri sudah jadi. oh iya, URL Shortener ini bersifat pribadi, jadi cuma kamu yang bisa mempersingkat URL menggunakan URL itu, tapi orang lain tetap bisa share.

Categories:
Comments
1 Comments

1 komentar:

Posting Komentar

 

Feedjit

Featured Posts