mouse

Cara Menyembunyikan Nomor Handphone Via CLIR


Bila ditilik dari fungsinya, fasilitas CLIR (Calling Line Identification Restriction) yang ditawarkan operator terus menuai kontroversi Sebab CLIR bisa disalahgunakan untuk meneror seseorang. Tapi di sisi lain, CLIR mampu menghilangkan tampilan identitas nama dan nomor pemanggil juga punya manfaat, misalnya bila kita tak ingin identitas nomor  diketahui orang lain. Juga menjadi hak pengguna untuk merahasiakan indentitas nomernya. Sepanjang tak digunakan untuk tujuan iseng, CLIR sah-sah saja digunakan.

Fasilitas CLIR tersedia atas kebijakan tiap operator,  saat ini kartu IM3, Mentari, Matrix dan XL Bebas memberikan layanan gratis CLIR, cukup dengan perintah #31#(nomer tujuan) lalu tekan OK, maka Anda bisa melakukan panggilan dengan identitas tersembunyi. Pada layar handphone penerima hanya akan muncul display info "ID with held", "Unknown", "Anonymous" atau "Private number", tergantung dari tipe handphone yang digunakan si penerima.
Cara Menyembunyikan Nomor Handphone Via CLIR 
Tapi tak semua layanan kartu GSM siap dengan fasilitas ini, kalaupun ada beberapa operator  justru menarik tarif khusus untuk aktivasinya. Nah, tak perlu putus harapan, apalagi sampai ganti nomor demi ingin menggunakan CLIR. Sebenarnya kemampuan CLIR bisa diatur langsung dari handphone, intinya tak perlu bergantung pada fasilitas operator. Berikut tips ringan untuk mengaktifkan CLIR dari setting ponsel
 
1. Dari hasil penelusuran, beberapa ponsel Symbian seri60, Nokia seri40 dan Sony Ericsson memiliki kemampuan setting CLIR. Tapi tak menutup kemungkinan beberapa merek ponsel lain juga mempunyai fasilitas ini.
2. Fitur ini bisa dilihat dalam menu Toos > Settings.
3. Lalu dilanjutkan dengan memilih menu calls.
4. Pada ponsel Nokia, masuk ke menu send my caller ID, atau pada Sony Ericsson masuk ke show/hide my number.
5. Nah pada opsi send my caller ID, ganti dengan opsi No. Otomatis Anda sudah bisa menikmati CLIR tanpa repot ketik perintah #31#.
6. Visual panggilan yang berasal dari fasilitas CLIR.

Categories:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 

Feedjit

Featured Posts